Tabungan Emas Pegadaian, Solusi Investasi Emas Masa Kini ^_^

https://i0.wp.com/syariahfinance.com/images/news/tabungan_emas.jpg

Selain investasi emas yang dikeluarkan pegadaian secara kredit, sekarang pegadaian mengeluarkan produk baru berupa Tabungan Emas untuk mempermudah masyarakat Indonesia untuk berinvestasi dengan dana yang minim, sekitar Rp 5.000an  per transaksi. bagaimana cara untuk berinvertasi tabungan emas ini? mari lihat disini untuk cara dan syaratnya 😀

https://wisnukeluang.files.wordpress.com/2015/05/wpid-img_20150507_125747.jpg

pertama-tama kita harus datang ke kantor pegadaian yang sudah melayani produk ini, kalau tidak datang gimana mau buat tabungan. hahaha 😀 😀

syarat awal sebelum datang, agar tidak bolak-balik kantor pegadaian, harus menyiapkan identitas diri (KTP atau SIM atau Paspor),  Biaya administrasi Rp 5.000 (untuk buku tabungan), Biaya pengelolaan rekening Rp 30.000 (selama 1 tahun), serta uang untuk ditabung di tabungan emas.

untuk per 1x transaksi tabungan, nasabah bisa menabung dengan total gram minimal 0,01 gram, kita ambil contoh harga jual emas 500.000 per gram, harga beli 480.000, jadi minimal sekali nabung 500.000 x 0,01 = 5.000.

oh ya, nanti di buku tabungan, yang tertera adalah jumlah gram emas kita, bukan jumlah uang yang kita tabung, jadinya kalo harga emas nanti naik, maka tabungan emas kita nilainya juga pasti naik. seru bukan?

ini contohnya

https://i0.wp.com/bixbux.com/wp-content/uploads/2015/08/tabungan-emas-1024x768.jpg

nah itu lah sekilas mengenai menabung emas di pegadaian. sekarang saya akan jelaskan bagaimana kedepannya jika kita mau menjadikan tabungan emas ini dalam bentuk uang tunai ataupun dalam bentuk emas batangan.

pertama, jika suatu saat mau diambil dalam bentuk uang tunai, jika pada hari itu harga jual 550.000, harga beli 530.000 dan jumlah emas di tabungan ada 10 gram, maka jumlah uang yang bisa diterima adalah 530.000 x 10 = 5.300.000.

kedua, apabila tabungan emasnya mau dijadikan emas batangan, minimal bisa dibuat dengan emas 5 gram dan dikenakan biaya cetak emas, besarannya sebagai berikut:

DENOMINASI/ KEPINGAN ONGKOS CETAK
KEPINGAN 5 GRAM RP. 111.000,-
KEPINGAN 10 GRAM RP. 166.000,-
KEPINGAN 25 GRAM RP. 208.000,-
KEPINGAN 50 GRAM RP. 298.000,-
KEPINGAN 100 GRAM RP. 415.000,-

sangat simpel dan tidak merumitkan bukan?

ada saran dari om Rully Kustandar nih tentang tabungan emas, ini saya share kan:

Minimal Ada 3 keuntungan jika Anda memiliki Tabungan EMAS Pegadaian.

Pertama, anda bisa jadikan EMAS berapapun Uang Anda (minimal senilai 0.01 gram), tidak harus lagi menunggu Uang anda mencapai minimal senilai EMAS 1 gram. Anda bisa membeli EMAS kapanpun sesuai dengan kemampuan Anda.

Kedua, anda membeli EMAS di harga dasar (tanpa ongkos cetak), ini jelas jauh lebih hemat bila dibandingkan misalnya Anda membeli EMAS Batangan 1 gram sebanyak 10 kali. Dengan Tabungan EMAS Anda bisa membeli 1gram dengan Harga Dasar, lalu mencetaknya ketika saldo sudah mencapai 10gram. Sangat cocok bagi mereka yang menyimpan Tabungan dalam bentuk EMAS.

Ketiga, Tabungan EMAS ini diselenggarakan oleh Pegadaian, lembaga keuangan terpercaya dan milik Pemerintah, artinya sudah pasti jumlah EMAS yang dimiliki Pegadaian lebih besar dari jumlah seluruh saldo Tabungan EMAS nasabahnya. Secara rutin lembaga berwenang seperti OJK dan BPK melakukan Audit.

Apakah Tabungan EMAS dijamin oleh LPS seperti Tabungan di Bank? Jawabannya TIDAK. Karena pada prinsipnya ini adalah jual/beli. Pada kasus Tabungan di Bank, Anda menyimpan uang pada bank, lalu uang Anda oleh Bank di pinjamkan kepada orang yang membutuhkan, jadi ada resiko, oleh karenanya butuh LPS. Pada Tabungan EMAS Pegadaian, EMAS yang Anda beli tidak dipinjamkan ke orang lain, secara fisik EMAS tersebut memang Ada di Pegadaian. Jadi tidak dibutuhkan LPS. EMAS yang disimpan oleh Pegadaian terletak dalam sebuah ruangan khusu dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi dan diasuransikan.

Walaupun namanya Tabungan EMAS, tapi prinsip sebenarnya adalah Jual/Beli EMAS. Disebut sebagai Tabungan EMAS karena memang Anda seperti menabung, namun dalam bentuk EMAS.

Demikian penjelasan singkat mengenai Tabungan EMAS Pegadaian, mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda semua.

OKe sekianlah penjelasan saya tentang tabungan emas, kalau ada yang kurang paham atau ada pertanyaan, bisa di post dikolom komentar, saya akan sangat senang untuk membalas komentar pembaca sekalian. terima kasih telah membaca artikel saya dan selamat menabung emas, sukses selalu untuk kita semua !!!

6 thoughts on “Tabungan Emas Pegadaian, Solusi Investasi Emas Masa Kini ^_^

  1. Saya bru saja jdi nadabah .sebelumnya diblg klaw mau tutup buku saldo tinggali 20 rbu.eh pas sya sdah jdi nasabah dan sdah nabung bru diblang klaw mau tutup buku saldo yg di tinggalin 10 % dri saldo tabungan .klaw tabungan saya 2jta berarti klaw saya mau tutup buku berarti saldo yg di tinggali 200 rbu donk dri saldo tabungan saya..

  2. Pingback: Emas, Investasi yang Menggiurkan – Welcome

Leave a comment