Sedikit Pengetahuan Tentang Jasa Pegadaian

Sedikit Pengetahuan Tentang Jasa Pegadaian

Sekarang ini kita lihat semakin banyak pegadaian bermunculan di sekeliling kita,kenapa ya?padahal dulu kantor pegadaian ini ya paling 1-2 kantor yg kita pernah lihat. Jawaban nya-dari pemikiran sendiri lho-adalah karena banyaknya pesaing yang bergerak di bidang yang sama dengan pegadaian, yang memberikan layanan gadai kepada para masyarakat. Pesaing yang mungkin sedikit mencolok adalah bank (bank nasional dan bank daerah)..

Sebenarnya apa sih kegiatan usaha pegadaian itu, sampai-sampai dilirik pihak lain?

Hmm,setau saya, di pegadaian itu kegiatan usahanya adalah menggadaikan barang yang kita punya, antara lain elektronik (HP, Laptop, TV, Radio Tape, dll), Kendaraan Bermotor (Mobil & motor), dan juga emas dan berlian (baik berupa perhiasan maupun emas batangan). Nah, sekarang ini yang banyak dilirik pesaing itu adalah gadai emas nya. Kenapa?karena emas itu kecil, simpel, dan mempunyai nilai dalam bentuk rupiah yang tinggi.

Nah, saya tidak akan membahas masalah pesaing ini semakin dalam, yang saya ingin bahas adalah  yang saya tahu tentang pegadaian.

Gadai Barang (Sebutannya KCA)

Balik ke masalah gadai tadi, Untuk gadai emas di pegadaian, caranya cukup mudah, kita hanya perlu membawa emas perhiasan yang mereka punya beserta surat emas (jika ada) dan KTP serta fotokopinya.setelah itu, kita isi formulir gadai, serahkan emas dan formulir yang kita isi tadi, tunggu beberapa saat, cair deh pinjaman kita. Kira-kira waktu tunggunya sekitar 5-15 menit,. cukup cepat ya? hehehe,, tapi itu jg tergantung antriannya,kalau lagi sepi,ya pasti bisa cepat.

Untuk gadai barang elektronik dan kendaraan bermotor, cenderung sedikit rumit, dikarenakan harus membawa kelengkapan-kelengkapan dari barang kita. Untuk barang elektronik, selain membawa barang jaminan dan fotokopi KTP, kita diharuskan membawa kuitansi pembelian dan kartu garansi dari barang kita. Tidak terlalu rumit sih sebenarnya kalau kita masih menyimpan semua itu. Dan untuk kendaraan bermotor, selain menyerahkan kendaraan kita sebagai jaminan, kita diwajibkan menyerahkan BPKB dan STNK dari kendaraan kita. Jadi kalo kendaraan kita masih kredit, ya tidak bisa digadaikan. Setelah semuanya lengkap, petugas akan memeriksa kelengkapan dan kondisi dari barang yang akan kita gadaikan, baru kita bisa tahu berapa jumlah uang yang bisa kita pinjam. Ya sekitar 10-20 menit lah waktu tunggunya kira-kira.

Biaya administrasi awal gadai adalah 1% dari jumlah pinjaman. Untuk urusan bunga (sewa modal kalo sebutan pegadaian), terdiri dari 4 golongan, yaitu golongan A-D. golongan A, pinjaman dari Rp 20.000,00-Rp 150.000, bunga 0,75% per 15 hari. golongan B, pinjaman dari Rp 151.000,00-Rp 500.000,00 dengan bunga  1,2% per 15 hari.golongan C, pinjaman dari Rp 505.000,00-Rp 20.000.000,00 dengan bunga 1,3% per 15 hari. Golongan D, pinjaman Rp 20.100.000,00 keatas dengan bunga 1% per 15 hari. Oh ya, jangka waktu gadai itu 120 hari atau 4 bulan dan bisa diperpanjang kalau belum punya uang buat nebus barang kita dengan cara bayar bunga/sewa modal+administrasi nya.

Jasa Lain Selain Gadai di Pegadaian

Di pegadaian, Ternyata ada jasa lain lho selain gadai, saya juga tau setelah dapat info dari sana sini. Jasa lain yang umum di pegadaian ini antara lain beli emas batangan kredit, jasa kirim dan terima uang lewat western union, pinjaman uang dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor, pinjaman uang khusus untuk ibu-ibu rumah tangga, Pinjaman uang dengan jaminan emas khusus pengusaha, jasa penitipan emas, dan jasa sertifikasi emas. Jasa-jasa yang lainnya sebenarnya masih ada, tapi yang umum dijumpai, ya jasa yg seperti saya sebutkan di atas.

Untuk beli emas batangan secara kredit (sebutannya MULIA), pertama-tama kita datang ke pegadaian, menanyakan harga emas MULIA ini, kalau cocok, baru deh kredit. Harga dasar emas ini bergantung pada harga emas PT. Aneka Tambang, kita dapat melihat sendiri harganya di situs resmi PT. Aneka Tambang, yaitu www.logammulia.com. Saran saya, kalau mau kredit emas ini, tunggu harga emas lagi turun aja, biar lebih murah harganya. Jangka waktu kredit emas ini mulai dari 1 bulan- 36 bulan lho, jadi hampir sama kayak nabung, tapi ini dalam bentuk emas. Emas batangannya sendiri dapat diambil jika kredit kita sudah lunas, beda dengan kredit motor,motornya bisa di pakai. hehe.. oh ya, jika kita sudah memutuskan untuk kredit emas di suatu waktu dan telah membayar DP, walaupun harga emas besok-besok naiknya selangit, cicilan kita tidak akan berubah lho, jadi tetap berdasarkan harga waktu kita DP emas itu. boleh juga ya? hehe

Yang kedua, jasa kirim dan terima uang lewat Western Union (sebutannya KUCICA). Ternyata tidak bank dan kantor pos saja yang bisa menggunakan jasa ini, tetapi sekarang pegadaian juga bisa. Jadi jika kita dapet kiriman dari keluarga atau kenalan kita lewat western union, kita bisa ngambil kiriman uang itu di pegadaian. begitu juga kalau kita mau ngirim uang ke kenalan dan saudara kita tetapi mereka atau kita tidak mempunyai rekening bank, kita bisa menggunakan jasa ini, dengan biaya pengiriman yang standar. oh ya, kalo kita mau ngambil uang kiriman, tidak dikenakan biaya alias free lho,cukup bawa fotokopi ktp saja. kalau mau cepet, cari aja kantor pegadaian yang agak sepi,vbiar transaksi jadi cepat dan ga ngantri-ngantri. hehehe

Yang ketiga, pinjaman uang dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor (sebutannya KREASI). Kalau pinjaman tipe ini, hanya khusus untuk pengusaha kecil dan mikro, bukan untuk semua masyarakat. Jadi yang punya usaha aja yang bisa pinjam uang dengan jaminan BPKB ini. Cara pinjamnya kita langsung datang ke kantor pegadaian, Tanya syarat-syaratnya, trus lengkapi syarat-syaratnya, dan selanjutnya di ajuin deh ke pegadaian. nanti sama orang pegadaian disurvei dulu usahanya dan kendaraannya, kalau memenuhi syarat pegadaian, baru deh tu kredit bisa cair. Prosesnya mungkin berkisar antara 1-7 hari tergantung dari pihak pegadaiannya,malah mungkin bisa lebih dari seminggu. untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung datangi kantor pegadaian terdekat. hampir lupa, bunganya 1% perbulan dan sistem angsuran tetap perbulan, jangka waktu angsuran mulai dari 1 tahun sampai dengan 3 tahun.

Yang keempat, pinjaman khusus untuk ibu-ibu rumah tangga (sebutannya KRISTA). Pinjaman ini khusus untuk ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai usaha sangat mikro yang tergabung dalam suatu kelompok usaha. Jadi untuk memperoleh pinjaman ini, harus ada kelompok usaha nya dulu. Untuk jaminannya, boleh dibilang tidak ada jaminan, karena tidak ada barang yang diserahkan ke pegadaian, tetapi sebenarnya masih menggunakan  barang jaminan, yaitu perabot rumah tangga kita, seperti tv, kursi, lemari, tempat tidur, kompor, dll,, tetapi barang jaminan ini tidak di simpan oleh pegadaian, melainkan tetap di taruh di rumah kita masing-masing. untuk besarnya pinjaman dan jangka waktu cicilan serta syarat-syarat pengajuan pinjamannya, silahkan Tanya langsung ke kantor pegadaian terdekat.  :)

Yang kelima, pinjaman dengan jaminan emas khusus pengusaha (sebutannya KRASIDA). Nah, apa bedanya pinjaman emas khusus pengusaha ini dengan gadai emas biasa? Bedanya itu terletak pada bunganya. Bunga pinjaman ini lebih kecil daripada bunga/sewa modal gadai emas. Misalnya kalau untuk gadai gol C bunganya 2,6%, maka untuk pinjaman KRASIDA ini bunganya hanya 1% perbulan. murah kan? Syarat dan ketentuannya sama seperti kredit BPKB (KREASI) di atas, Cuma yang beda itu barang jaminannya.

Untuk yang keenam dan ketujuh, yaitu jasa penitipan emas dan sertifikasi emas, silahkan Tanya langsung ke kantor pegadaian terdekat, karena sepengetahuan saya, dua jasa ini tidak semua kantor pegadaian yang menjalankannya..

Sebenernya sih masih banyak lagi jasa yang di tawarkan oleh pegadaian, seperti gadai syariah, ARRUM, persewaan gedung, dll (lihat di www.pegadaian.co.id), mungkin nanti akan di bahas kalau saya sudah benar2 memahami.hehehe

Untuk sementara ini, sekian dulu informasi yang saya ketahui mengenai jasa pegadaian. Kalau ada temen-temen  yang lebih mengerti dan ingin menambahkan,atau malah ingin mengoreksi tulisan saya, silahkan saja asal itu memang fakta di lapangan.hehehe

Tidak lupa Saya minta maaf apabila ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dari tulisan ini.

Terima kasih semuanya yang telah meluangkan waktu untuk membacanya, semoga bermanfaat bagi kita semua.  :)

About these ads

696 thoughts on “Sedikit Pengetahuan Tentang Jasa Pegadaian

  1. maff pak mau tanya kalo mau menggadaikan emas pinjaman di bawah 1 jt kira1 bunganya per bulan berapa? lebih mahal menggadaikan emas ke toko emas apa ke pegadaian,,,mana yang paling murah bunganya,tolong informasinya terimakasih

    • selamat sore reza, sementara ini saya belum tahu berapa bunga kalau kita menggadaikan emas di toko emas, karena pasti bunga di toko emas itu berbeda-beda tergantung pemiliknya, dan karena di daerah saya, saya belum menemukan toko emas yang ada fasilitas gadai emas.
      akan tetapi, jika menggadai di pegadaian, bunganya 1,2 % per 15 hari untuk pinjaman 505.000 – 20.000.000, dan pada saat awal gadai, dikenakan biaya administrasi 1 % dari pinjaman kamu.
      jadi misal jika gadai emas dengan pinjaman uang 1.000.000, dikenakan biaya administrasi 10.000, dan dikenakan bunga/sewa modal 12.000 per 15 hari.
      sekian jawaban dari saya.

      • pak kalau saya punya motor honda scoopytahun 2012 mau digadaikan bisa dapat berapa kondisi bagus berapa kalau tidak bagus berapa dan harus dimana tempatnya dan berapa lama terimakasih

  2. kalau mau pinjam uang dengan jaminan bpkb motor tapi saya hanya karyawan swasta bisa gak???
    kira2 paling lama cicilannya berapa bulan?

    • setahu saya bisa digadai, asal ada surat/kuitansi jual beli motor second dengan menyertakan ktp pemilik lama. untuk gadai motor, umur motor 5 thn terakhir, merk jepang, pajak hidup, cek fisik, stnk+bpkb+motor+kuitansi+cek fisik semua di taruh di pegadaian. semoga membantu

  3. saya mau tanya,…saya pernah gadai emas di pegadaian, tapi sudah jatuh tempo dan saya belum pernah cek lagi kesana karena surat gadainya hilang,…kira2 masih bisa diurus tidak??????

    • selagi barang belum dilelang di pegadaian, masih bisa diurus, sedangkan kalau barang sudah di lelang, mbak hanya bisa mengurus pengambilan uang kelebihan lelang, jika ada. syarat mengurus surat gadai yang hilang tsb dengan cara lapor ke pegadaian terlebih dahulu, nanti dari pegadaian akan membuat surat pengantar ke polsek terdekat, trus mbak buat surat keterangan surat hilang di polsek yang kemudian diserahkan ke pegadaian. semoga membantu

  4. saya mw tanya. soalnya juga mau pinjam uang. saya mw gadaikan komputer saya yang kwitansinya sudah entah di mana. jadi tinggal komputernya saja. lalu bagaimana cara mereka menghargai koputer saya?
    terma kasih sebelumnya

    • selamat malam mas, setahu saya, sekarang di pegadaian tidak bisa lagi gadai komputer, tapi yang diterima adalah laptop. untuk gadai laptop, syarat-syarat gadainya itu membawa laptop, charger, tas laptop, kartu garansi, kuitansi, dan fotokopi ktp. untuk berapa jumlah yang bisa dipinjam dari laptop yang digadaikan, dan mengenai gadai komputer tsb, silahkan langsung datang ke cabang pegadaian terdekat. semoga membantu

  5. mau tanya mas , kalo mau gadai handycam keluaran trbaru ..
    semuanya lengkap ..
    saya baru beli 2 bulan yang lalu seharga 2.5 juta , kira kira kalo di gadai dapet pinjaman berapa ya ?
    pk KTP lama bisa gag .. sebab yg baru blum di cap tiga jari !! trimakasih

      • kalau gadai handycam saya kurang tau bisa atau enggaknya, yang umum di gadai sih tv, hp, laptop, n tape compo. coba saja langsung ditanyakan ke cabang pegadaian setempat. sedangkan untuk pinjaman, tidak bisa seharga barang baru, paling bisanya 50% dari harga secondnya tsb. semoga membantu

  6. maksud saya alamat pegadaian di Jakarta dimana yang bisa terima mobil dan motor, apa ada persyaratan tahun, kalau mobil jepang buatan 1999 dan kalau motor umur 6 tahun semua plat B DKI apa bisa

    • semua cabang yang memiliki gudang penyimpanan motor/mobil bisa terima gadai motor mobil. untuk alamatnya silahkan kunjungi http://www.pegadaian.co.id , untuk mobil , kalau peraturan belum berubah, yang diterima itu yang pajak hidup, umur maks 15 thn, plat daerah setempat, dan untuk motor, merk jepang, plat daerah setempat, dan umur maks 5 thn. trims semoga membantu

  7. saya mau tanya, untuk lelang barang – barang gadai ada jadwalnya tidak?dan kalau kredit emas batangan pembayaran bisa lewat transfer bank bca tdk, takunya di pegadaian antri, gk sempat. thks..

    • lelang barang jaminan nasabah yang tak tertebus ada jadwalnya, biasanya awal bulan dan memasuki akhir bulan. untuk lebih jelasnya silahkan tanya ke pegadaian terdekat.
      kredit emas batangan pembayaran harus datang langsung ke pegadaian mbak ririn, pegadaian rasanya blm membuat mou dengan bank untuk sistem pembayaran transfer langsung. kalau takut antri lama, silahkan kredit di unit pegadaian saja, tidak harus ke cabang. trims semoga membantu

    • untuk gadai motor, pajak motor harus hidup, motor tsb harus plat setempat, syaratnya harus menyertakan fotokopi ktp, asli stnk bpkb dan surat keterangan jual beli motor (kalau beli second), motor tsb merk jepang(kalau didaerah saya) dan umur motor maks 5 thn(kalau didaerah saya).
      bunga nya 1,15% per 15 hari dengan jangka waktu 120 hari/4 bln dan bisa diperpanjang atau dicicil. trims semoga membantu

  8. siang..
    q mau tanya klo BPKB motor sbg jaminan memang harus punya usha sendiri ya?
    klo ga punya usaha sendiri gmn?
    tp motor ada..

    • malem sis,
      di pegadaian, kredit dengan jaminan hanya BPKB disebut KREASI, kredit ini khusus untuk untuk wirausaha UMKM, jadi kalau tidak punya usaha, belum bisa, walaupun motornya ada. semoga membantu

    • Tidak bisa, karena syarat gadai mobil itu, harus ada bpkb, stnk, dan mobilnya,dan semuanya ditaruh di pegadaian. kalau masih kredit, bpkb masih ditahan di leasing, jadi tidak bisa.semoga membantu

    • kalau di pegadaian tidak bisa mas hendar, coba mas hendar buat kartu kredit saja, progam kartu kredit ada yang pinjam uang/belanja dengan tanpa jaminan, bunganya sekitar 3,5 – 4% sebulan. semoga membantu

    • kalau di pegadaian disini bisa, asal model terbaru, coba mas bernard langsung tanya saja ke cabang pegadaian terdekat, syaratnya membawa netbook, charget, tas netbook, kartu garansi, kuitansi dan fotokopi ktp yang bersangkutan. semoga membantu

    • Setau saya Bisa asal ada surat kuasa dr bude dan motornya ada+memenuhi syarat gadai. Silahkan tanya langsung ke cabang pegadaian terdekat. Sedangkan kalau hanya membawa bpkb saja, tidak bisa. Terima kasih

  9. Mas mau tanya dong kalo mau gadai hape bb yang harga 4jt bisa ga pnjem 3 juga ? Sama laptop tp kartu garansi udah ga ada kalo kwitansi ada ,, thnk before :D

  10. mas saya mau gadai mobil honda city, kelengkapan saya BPKB,STNK. kemudia apa lg yg harus dilengkapi?? posisi saya di bandung, saya harus dtg ke pegadaian yg beralamat dimana ya? terima kasih

    • Aslu ktp, fotokopi ktp, Cek fisik kendaraan, dan pajak kendaraan hidup. Yang menerima gadai mobil itu di cabang2 pegadaian, coba saja cari cabang pegadaian terdekat yang memiliki gudang luas. Cabang pegadaian di bandung yg saya tau ittu ada cabang cikakak,cikudapateuh, pungkur, ciparay, cicalengka, ujungberung, kiara condong, caringin,suci, garuda, pasar kordon, sayati, cileunyi, pasar banjaran, buah batu, holis, padasuka,situsauer, majalaya. Silahkan menuju cabang terdekat. Semoga membantu

  11. Mas,td sya nemani tman ke pgdaian,mw gdai laptop.
    tp gk bsa,kRn hrus ada kotak. (sbnry kotak ada d rmah tp udh rusak x kena bnjir)
    tp kuitansi dll lgkp.

    apa mmg ksus sperti ne tdk bsa d cairkan dana?

  12. Mas,td sya nemani tman ke pgdaian,mw gdai laptop.
    tp gk bsa,kRn hrus ada kotak. (sbnry kotak ada d rmah tp udh rusak x kena bnjir)
    tp kuitansi dll lgkp.

    apa mmg ksus sperti ne tdk bsa d cairkan dana?
    Tksh ats pjelsnya

      • O,td sya bca pjelsan mas,tdk menekankan ada nya kotak. . .

        ap mgkn xlw sy pg ke pgdaian cbang ln ada kmgknan dana cair?

      • Oh iya mas, kalo di daerah saya memang tidak mewajibkan ada kotak, asal semua syarat yg lainnya terpenuhi, pasti bisa gadai. coba mas ke cabang pegadaian lain, siapa tahu bisa. Semoga membantu dan semoga sukses selalu.

    • Di bawa semua kelengkapan netbooknya mbak,termasuk dus, kartu garansi, kuitansi, dan fotokopi ktp. Silahkan langsung ditanya kepegadaian terdekat untuk pinjaman yg bisa diperoleh, kalau menurut saya, bisa sekitar 300-500rb. Semoga membantu :)

  13. saya diksh gelang mutiara air tawar tp saya g suka jd mau saya gadaikan + g ada surat soalnya diksh. saya asli sidoarjo trus mau gadai di malang. bisa g ya? makasih

  14. Pas saya ingin menanyakan,saya ingin menggadai sebuah Handicam ber merk Sony,tetapi permasalahannya Kartu garansi dan kwitansi nya hilang mas,apakah sayaq masih bisa menggadaikan handicam saya tersebut,,,dan kira2x max untuk peminjaman dari handicam saya itu beraPA ya mas,,,Mohon informasinya..Terima kasih.

    • Untuk jumlah pinjaman, saya tidak bisa menentukan, nanti dilihat dl oleh petugas pegadaian, sedangkan untuk bunga, 1,15% per 15 hari jika pinjaman diatas 500.000. Smoga membantu

  15. permisi. saya mau nanya, kalau mau gadai bpkb mtr saya. bpkb dan stnk atas nama sy, itu syaratnya apa aja? apakah mtrnya juga harus ditahan juga? karena motornya dipakai untuk kegiatan sehari-hari

  16. kalau mau gadaikan mobil tapi mobil masih bisa kita pakai, bpkb nya aja dan bukan untuk usaha..bisa gak yah..untuk keperluan mendadak..

  17. mas..mau nanya, saya mau gadai cincin emas sekitar 3,5 gram, dulu saya beli per gramnya sekitar 500’an…tp kuitansi pembelian hilang apakah bisa digadaikan?? trus dengan nilai cincin tsb kira2 saya dapat berapa ya mas??

    • Untuk kuitansi, boleh tidak disertakan, yang penting emasnya dibawa beserta fotokopi ktp yg gadai. Emasnya emas 24 ya? Saya coba kira2 dulu ya, untuk 3,5 gram emas 24, bisa digadai sebesar 1,4 jt sampai dengan 1,55 jt

  18. mas mo tanya nih apakah bisa emas yang sudah digadai belum jatuh tempo tetapi ingin menjual emas yang digadai tetapi belum punya uang untuk menebusnya? kalo ada apa solusinya

  19. mas saya mahasiswa perantauan mau tanya kalo gadaikan laptop/netbook tapi tanpa kuitansi pembelian bisa gak? Soalnya kuitansi bahkan serta kotak laptop saya di rumah gak dibawa ke perantauan.

  20. sore mas..mau tanya..kalo mau gadai laptop kartu garansi sudah abis kira2 masih bisa di gadaikan?trus klo laptop sedikit ada kerusakan di keyboard masih bisa d gadai?
    itu benar2 jangka waktu yg diberikan slama 120 hari…dengan bunga sesuai pinjaman y….bunga d bayar sesuai jangka waktu’y ya mas….terimakasih^^

    • bisa pak, cairnya sekitar 3-14 hari, syarat pengajuannya fotokopi stnk, fotokopi bpkb, fotokopi ktp suami istri, asli surat keterangan usaha, plat motor daerah setempat, pajak hidup, atas nama sendiri atau ada kuitansi jual beli untuk motor 2nd, umur motor sebaiknya tidak lebih dr 5 thn, sepertinya itu saja. trims

  21. Aku salut dan mengacungkan 2 jempol aku kpd mas Budiray, krn semua pertanyaan selalu di jawab dg jelas dan tanpa ada yang terlewatkan…

    Aku juga mau tanya mas Budiray, ceritanya begini:

    Aku mau beli motor Minerva R 150 seccond seharga 8jt, dan nantinya aku mau gadai BPKB dan surat2 lainnya di pegadaian seharga 5jt (STNK dan BPKB msh a/n pemilik yg lama) bisa tidak mas??? TDan juga tetapi UMKM nya milik orang tua aku, bagaimana mas Budiray???

  22. malam mas mau tanya. tempat pegadaian syariah yang hanya menjaminkan bpkb motor tiger tahun 2007, dimana ya mas. mohon infonya

    • silahkan langsung ke cabang pegadaian terdekat saja pak, saya tidak bisa kasih taksiran gadai sementara saya belum melihat kondisi barang, jangan lupa syarat-syarat gadai laptopnya dipenuhi. trims

  23. mas, mau tanya, sy minat buat kredit emas batangan dgn DP minimal 100rb itu. (#minimal brpa gram? #rencanya sih 1gram dlu klo bisa) ?
    trus klo sekiranya jarak 3 bulan ga kebayar, uang saya balik ga? trus kira2 perhitungannya gmna? sama ga antara harga waktu beli sm waktu jual, walaupun dgn sistem kredit?

    • dp minimal 100rb? saya baru dengar dari pak yadi aja, hehehe, setahu saya dp minimal emas batangan MULIA itu 20-40%an dari harga jual emas tergantung jangka waktu kredit, terus kalau ditengah jalan tidak bisa membayar, silahkan langsung konsultasi dengan petugas pegadaiannya, saya yakin ada solusinya. tirms

    • silahkan langsung ke cabang pegadaian pak, saya juga kurang tahu mengenai gudang pegadaian di sekitar rumah bapak, apakah ada tempat khusus untuk menyimpan kamera biar tidak jamuran. trims

  24. Saya wirausaha mau gadaikan motor. Ada BPKB tapi STNK nya udah habis masa berlaku nya sejak oktober 2012• Apa masih bisa digadaikan di pegadaian? Terimakasih sebelumnya

    • kalo saya ngewakilin tante saya, tante saya di aceh skrg tp saya punya fotocopy ktp tante saya~ apa bisa saya ajuin ke pegadaian + polisi?? thanks

      • Itu surat gadai yg hilang atas nama tantenya ya? Untuk pembuatan surat keterangan hilang bisa diwakilkan, tp untuk penebusan barang, harus seijin tantenya. Silahkan lapor terlebih dahulu ke pegadaian tempat gadai, nanti dibuatkan surat pengantar untuk ke polsek, nanti setelah dibuatkan surat dr polsek, lapor lagi ke pegadaian dengan membawa fotokopi ktp beserta surat kuasa dari tantenya untuk mengambil surat gadai yang baru. Trims

  25. saya mw tanya.. saya punya emas 3,5 gram. emas 70 % kira2 harga taksirannya brp y? trs bungan yg harus dibayar per 15 hari brp? trimas mas budiray

    • Bisa digadai antara 900rb-1,1 jt tergantung kualitas emasnya, kalau untuk bunga, misalnya pinjaman 1 jt, bunga per 15 harinya 11.500, jangka waktu 4 bln. Biaya administrasi awal 8.000. Semoga membantu

  26. Mav mas aq mau tnya, klo beli emas di luar indonesia itukan beda ya gk ky di indonesia_klo di luar indonesia kan tnpa ada surat! Aq pnya goldsilk necklace apa bs digadai/ditrima di pegadaian? Thx

    • Kalau diluar biasanya ada surat juga, kayak di malaysia, singapura, arab, semuanya ada surat emas. Akan tetapi pegadaian tidak mematok harus ada surat emasnya, nanti barang akan dicek langsung di pegadaian, jadi kalau memang emas, ya bisa digadai. :)

  27. saya pelajar mas, mau tanya… saya kan mau menggadaikan laptop saya, nah tapi kertas struk pembelian nya sudah tidak ada, saya hanya punya laptop dan chargernya saja yang ada.. kira2 bisa tidak mas saya menggadaikan laptop saya ini? terima kasih mas sebelumnya…

    • Tidak apa2 kalau belum bisa atau belum sempat bayar bunganya atau nebus, jangka waktu pegadaian 4 bulan, bisa dicicil sewaktu-waktu atau ditebua sewaktu-waktu. Jika belum ada dana untu menebus selama 4 bln, bisa diperpanjang lagi masa pinjamannya. Trims

  28. assalamu’alaikum… kira2 berapa harga gadai laptop thosiba merkny C640 CORTU 2 saya… & itungan bunga pinjamanya… trm ksh

    • Silahkan langsung datang ke pegadaiab cabang terdekat untuk tau berapa bisa gadainya, untuj bunganya 1,15% per 15 hari, dan ada biaya adm tergantung pinjaman. Trims

  29. saya mau gadai handycamp baru beli harganya 2,8 juta surat-surat lengkap. kira kira saya bisa dapat pinjaman nya berapa ya???

    • Nah ibu dwi silahkan langsung saja ke pegadaian cabang terdekat untuk mendapatkan info lebih lanjut, pinjaman dapat diberikan berkisar 50-60% dari harga 2nd. Trims

  30. Maaf saya mau tanya klo mau menggadaikan leptop lengkap,surat garansi lengkap,tmptnya lengkap, tp nota pembeliannya hilang,bagaimana ia ?? Apa bisa ??

    • Untuk persyaratan, harus dilengkapi semua, termasuk kuitansi. Tp kalau hanya satu saja ya kurang, mungkin bisa. Silahkan langsung ke pegadaian cabang terdekat untk info lebih lanjut.

  31. Maaf mas mo nanya, saya baru pindah rumah ke kota tempat saya bekerja sekarang, jadi ktp saya masing yg lama, tapi saya punya sim dengan alamat di kota saya bekerja, bisa gak sim tadi pengganti surat keterangan domisili sementara?

  32. Maaf saya mau tanya saya kan di surabaya kontrak jd ktp saya bukan surabaya . Klo seandainya saya menggadaikan di surabaya tdk menggunakan ktp surabaya apa bisa ia ??

  33. mau gadai netbook , dus, kartu kwitansi, kartu garasi lengkap semua ada..semua normal..tapi garansi udah abis udah dipake selama 2 tahunan

    kira2 bisa kaga ya, kena brp ya kalau netbook ? wara-wiri di google katanya syarat sekarang harus minimal core 2 dua atau i3 betul kaga ya ?

    • Kalau menurut saya tidak bisa karena persyaratan harus lengkap, akan tetapi jika masih penasaran, silahkan langsung mampir ke cabamg pegadaian terdekat. Terimakasih :)

  34. Mas,saya mau tnya.. saya gade laptop dell core i5… saya gade 2jt.. jatuh tempo tanggal 8 maret 2013.. selama ini saya belum pernah mencicil pinjaman sama sekali.. apa nanti satu bulan sebelum jatuh tempo (8 feb 2013).. pihak pegadaian akan datang ke rumah saya? Saat gadai saya tidak menyerahkan nomer hp.. tolong di jawab y mas… terimakasih sebelumnya..

  35. Mas saya kemarin menggadaikan laptop saya 2jt.. tanggal 8 maret 2013 nati jatuh tempo.. apa satu bln sblum jatuh tempo (8 feb 2013) pihak pegadaian akan datang ke rmh saya? Selama ini saya blm pernah mencicilnya sama sekali.. .terimakasih sebelumnya…

    • jangka waktu pinjaman gadai itu 4 bln, jadi sebelum sampai jatuh tempo dan setelah jatuh tempo, mungkin tidak ada petugas yg datang, akan tetapi nasabah akan dikirimkan surat pemberitahuan jatuh tempo oleh pegadaian, atau dikabarkan melalui telepon/hp.trims

      • mas kalo saya mau gadai emas di pegadaian, pembayaran nya bisa diangsur perbulan tidak yha? tolong penjelasan nya, terima kasih sebelumnya ..

      • Pembayaran bisa diangsur perbulan sesuai dengan keuangan nasabah dg minimal 100rb. Pada saat ngangsur, hrs membayar sewa modal yg terpakai dan administrasi dri pinjaman baru. Trims :)

  36. mas ak punya bpkb mtr tapi atas nama bapa saya, apakah bisa saya gadaikan?
    mtr saya kluaran 2008 akhir..
    saya mahasiswa, terus apakah mtr sya juga harus di tahan di kntor pegadaian nantinya?

  37. Malam,
    saya pernah gadai emas
    kalo gk salah 2 jutaan.
    Sampai sekarang saya belum pernah bayar cicilanya karena surat gadainya hilang
    saya sudah meralakan dah emas saya di lelang, karena saya dah cari kemana2 surat gadainya gk ketemu
    tapi baru baru ini saya dapat sms untuk membayar bunganya.
    Kalo emas saya di lelang apakah gk bisa harganya juga untuk bayar bunganya??

    • Pegadaian hanya menyayangkan kalau ada barang gadaian nasabah dilelang, makanya sebelum dilelang, nasabah diberitahu terlebih dahulu bahwa pinjamannya sudah jatuh tempo dan harus membayar sewa modal/bunga. Untuk suratnya jika hilang, bisa dimintakan surat yg baru dengan segera lapor ke pegadaian tempat gadai barangnya. Brg tidak mesti di lelang kalau segera diurus.trims

  38. Mau tanya, kalau saya gadai Elektronik Samsung Galaxy Tab, masih lengkap surat2 dan garansinya, untuk tanggal tanggal 15 Feb ini untuk pinjaman 500rb, lalu dibayar tanggal 27 Feb, bunganya jadi berapa ya?

  39. mas saya mau gadai BPKB Motor,tapi tahun 2000.
    apakah bisa saya gadai?
    tapi motor saya pakai.
    saya wirausaha…
    dan Persyaratan nya apa saja mas?
    Terima Kasih

  40. Sy mau tny klo mau gadain bpkp motor syarat ya apa aja?. Dn sy mau pnjm 5jta aja trs sy ganti setelah 2mggu sy mendapatkan uang ya, itu kena bunga atau gmn? Tlng jelasin ya. Thxs

    • Gadai bpkb itu khusus untuk wira usaha UKM, syaratnya harus punya usaha sendiri, pencairan paling cepet 3 hari, jangka waktu pinjaman 1-3 tahun dengan angsuran bulanan tetap. Trims semoga membantu

  41. Maaf, saya mau bertanya karena masih awam dan belum pernah memanfaatkan jasa perum pegadaian…

    1. Apa betul untuk karyawan swasta tidak bisa menjaminkan bpkb motor?
    2. Dan kalaupun bisa, apakah motor tersebut tidak bisa kita gunakan untuk sehari2, dgn kata lain harus ditinggal di pegadaian tersebut??!

    Terimakasih

  42. Permisi…mau tanya klo gadaikan bpkb motor supra x tahun 2011 brapa taksiran nilainya ya pak?klo gadein bpkb itu motornya di tahan juga gak?trims sebelumnya

    • Untuk gadai bpkb, itu khusus untuk wirausaha UKM, kalo untuk umum, blm bisa. Trus kalau untuk umum, bpkb, stnk, n motornya jg disimpan dipegadaian semua. Untuk besaran jumlah pinjaman, silahkan langsung datang ke pegadaian cabang terdekat..trims

  43. Pak Budiray,
    misalkan saya gadai emas,
    trus sengaja tidak saya bayar bunganya
    dan tidak saya tebus,
    saya ikhlaskan untuk di lelang,

    nanti kalo seandainya saya mau gadaiin emas lagi,
    apakah akan diterima atau blacklist?
    mengingat gadaian emas pertama pernah tidak ditebus
    dan tidak pernah bayar bunga dan cicilan?

    Terimakasih atas jawabannya…
    Salut sama bapak Budiray yang selalu sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan,
    yang sama dari pembaca yang berbeda :-)

    • Tidak di blacklist pak, masih bisa kok gadai lagi. Tp alangkah sayangnya jika emas tsb di lelang, bisa jadi kan emasnya ada kenangan dll. Di pegadaian bisa kok pembayaran gadai dengan cara dicicil, g mesti langsung semuanya dibayar. Semoga membantu

  44. Mas…saya mau beli emas di pegadaian 10gr..uang nya dari hasil gadaikan BPKB motor honda vario techno di tempat lain, karena kalo BPKB motornya saya gadai di PEGADAIAN kan kalo ga salah ga bisa (KREASI). kasih tau dong tips and tricknya..tujuan saya beli emas untuk nabung, tapi uang untuk beli emasnya saya dapat dari gadaikan BPKB. gimana menurut mas yang baik dan ganteng ini?

    Trims

    • Beli emas tunai maksudnya? Kali mau beli emas tunai dari hasil gadai bpkb, mending uangnya di tabung dulu aja, kalo udh cukup baru beli emas. Tp di pegadaian ada kredit emas MULIA, emas tidak harus beli tunai, bisa dicicil dr 1 bulan- 36 bulan. Drpd gadai bpkb untuk beli emas cash, enak kredit emas aja. Semoga membantu

  45. Mas, mau Tanya donk… Saya gadain kalung emas, dpt 36jt.an, trus nanti April ’13 sy Harus byr bunga/p’panjangan gtu lah. Nah klo sy maunya, byr bulanan bsa ga mas? Smp brp lama tuh? N’ perbulannya brp ya mas? Makasih

    • Bayar bulanan maksudnya dicicil atau bayar tarif sewa modal/bunga nya saja? Kalau dicicil, bisa bu tiap bulan, tiap kali nyicil, pinjaman otomatis diperpanjang karena jg sekalian bayar sewa modal dan administrasi, jadi tenggang waktunya brubah terus per 4 bulan. kalau untuk bayar sewa modal/bunga saja, sekalian pas jatuh tempo saja bayarnya, jadi yang dibayar itu sewa modal dan administrasi, pinjaman otomatis di perpanjang ke 4 bulan lagi. Semoga membantu dan tidak bingung :)

      • Waduhh *tepok jidat* pusing sy mas :D
        Iya mksdnya di cicil gtu tiap bln, jd ga beban banget buat Nebus si gold tsb hehehe…, misal tiap bln sy bayar 1jt…trus bln berikutnya 1jt lg, gtu sterusnya mas, smp selesai deh (36jt) nya :D gitu loh mas!!! Sukses buat mas Budiray yg sdh sabar meluangkan wkt nya utk menjawab pertanyaan2 kita !!!

      • Ooohhh gitu toh, bisa dong mbak ria, tapi kalo cicil bulanan itu juga harus bayar biaya sewa modal/bunga dan administrasinya. Misal pinjaman mbak ria 36jt, itu sewa modal sbulannya 2% jadi 720rb, adm 100rb, jadi kalau mau dicicil 1 jt, jumlah yg harus dibayar adalah 1jt+720rb+100rb= 1,82 jt, sisa pinjaman 35 jt.kalo bln dpn mau nyicil lagi, biaya sewa modalnya gak 720rb lagi, tapi 700rb, karena pinjaman barunya 35jt. Jadi kesimpulannya kalau dicicil2 gitu, bayar tarif sewa modalnya semakin ringan karena pinjaman semakin kecil. Untuk jangka waktunya 4 bulan mbak, kalau cicil bulanan setiap bulan, bisa dianggap jangka waktunya gak habis2 sampai pinjaman lunas. semoga tidak bingung lagi :)

      • Mas, apa kabar?
        Mas tgl 12 Besok jatuh tempo barang saya. Trus yg mas Budi jelaskan, Iya benar seperti itu. Tp mas, ternyata Kalo saya mau Cicil tiap bulan gitu, 4 bln kemarin (terhitung dr awal sy pinjam), ternyata di hitung jg mas.
        Saya tlp pihak pegadaian t4 sy gadai. Dia bilang, pinjaman sy 36jt x 2% = 720rb. Nah 720rb Ini x 4(bln kemarin terhitung dr awal sy pinjam)=2.880.000 + 100rb
        Nah ketentuan sy Cicil, katanya tergantung dr nilai emas skrg.
        Jadi, 700rb(cicilan sy) + 2.880.000 + 100rb = 3.680.000 ( total yg hrs sy Cicil)… Apa Iya sprti Ini mas??? Kaget jg sy, haha. TQ ya mas!!!

      • Selamat sore mbak ria, ternyata pinjamannya sudah jatuh tempo ya mbak, kali sudah jatuh tempo, wajib membayar sewa modal 4bulan+administrasi 100rb tadi itu seperti yg mbak sampaikan. Nah masalah untuk nyicil pokok pinjaman, yg wajib itu yg 700rb krna emas lagi turun, kalau mbak mw nyicil lebih juga gak papa kok mbak asal jgn kurang dari 700rb. Gitu lho mbak… :)

      • Sambungan.. kalau setelah nanti bayar bunga n cicilan setelah ini, trus mau dicicil bulanan, ya bayarnya sewa modal bulanan+adm nya mbak. Trims

    • Emas perhiasan 24k bisa digadai sekitar 4jt-4,3jt tergantung kualitas emasnya. Untuk tarif sewa modalnya 1,15% per 15 hari, jk.waktu 4 bulan. Pinjaman bisa dicicil, bisa juga di bayar sekaligus, tidak mesti diangsur. Akan tetapi kalau diangsur itu lebih baik. Semoga membantu

  46. Satu lagi mas.

    Saya mau gadai laptop merk HP,semua lengkap. Harga baru nya sekarang 4,5. Saya mau pinjam 2,5 bisa tidak? Kl tidak bisa,maksimal berapa ya yg bisa saya pinjam?

    Terimakasih sblm nya.

  47. mas saya mau gadai in bpkb motor tahun 2002
    cuma bpkb nya bukan atas nama saya soal nya motor itu saya beli bekas
    kalau sim saya ada cuman kalau ktp mati
    bisa gak mas

    terima kasih sebelum nya ff

    • Untuk kredit jaminan bpkb, hanya untuk UKM, dibatasi umur motor 5 tahun terakhir, kalau atas nama orang lain, harus menyertakan kuitansi jual beli dan atau surat kuasa dari yg punya motor. Trims :)
      Ktp mati tidak bisa, kan sekarang ada e-ktp

  48. Saya mau tanya,saya punya kalung emas seberat 3 gram,tetapi kalung saya itu putus. .apakah bisa untuk digadaikan dipengadaian???

  49. Permisi.. saya kan di modali motor oleh kantor, kalau saya ingin menggadaikan apa bisa??
    tapi BPKB atas nama perusahaan,, dan semua itu belum sempat saya balik nama…
    kalau saya minta surat kuasa dari kantor apa bisa??

    • Pokoknya dimintakan dl surat kejelasan dari kantornya yg menerangkan kalau motornya punya sendiri, baru srtelah itu bisa digadai motornya, bpkb+stnk+motor di simpan di pegadaian. :)

  50. Saya berencana mau gadaikan motor Yamaha Mio th. 2010 kondisi bagus surat surat lengkap, kira-kira dapat pinjaman berapa yah?
    Trima kasih

  51. Mas mau Tanya donk. Aku gadai barang 2x… Yg 1. Bernilai Rp.42.000.000 yg 2. Bernilai Rp. 53.400.000. Niatnya mau saya Cicil keduanya. Masing” Rp.1.000.000/bln, kira” bisa ga yah?! Trus hitungannya jd brp yah?! Apa seluruh pegadaian itu, klo mau Cicil gini, kena 2%? Klo masalah 100rb nya, Iya pasti deh, krn itu bunga simpanan/adm ?? Gitu kan mas… Makasih banyak mas.
    -ADE-

    • Kalau kredit bpkb, di pegadaian ada produk kreasi, kredit untuk UMKM,jadi khusus untuk wirausaha saja. Untuk pinjaman, disesuaikan dengan usaha dan type kendaraan. Trims

  52. Mas saya gadai barang 2x.
    Yang 1. Senilai Rp.42.000.000
    Yang 2. Senilai Rp.53.400.000
    Saya mau Cicil tiap bulan bisa ga? Trus berapa min./max. Yg hrs saya Cicil? Kalo no.1 / no. 2 saya Cicil 1jt.an bisa ga?! Hitungannya gmn sih? Makasih mas
    -ADE-

  53. Mas saya gadai barang 2x
    Yang 1. Senilai Rp. 42.000.000
    Yang 2. Senilai Rp. 53.400.000
    Trus, saya mau Cicil tiap Bulannya bisa ga? Dari (no.1 & 2), min./max. Brp? Bisa ga saya Cicil 1jt tiap Bulannya (baik no.1 / no.2) ? Hitungannya gimana sih? Makasih mas.
    -ADE-

    • saya balas disini aja ya,,
      Kalau pinjaman mau dicicil ya bisa mas, kelipatannya 100rb.
      Kalau rencananya mau dicicil per bulan, pinjaman gadai dapat dialihkan menjadi pinjaman dengan pembayaran angsuran namanya krasida, tp temponya maksimal 12 bulan. Untuk yg krasida nanti aja kapan2 dijelasin, krna skrg pinjaman mas pasti pinjaman gadai.
      Untuk pinjaman gadai, misal perbulan per surat gadai dicicil 1 jt, maka semuanya ditambah tarif sewa modal 2%+adm 100rb. Kyk contoh yang 42jt, sewa modal nya 840rb, jadi 1jt+840rb+100rb jadi 1.850rb. Kalau ada yg kurang jelas jgn ragu ditanyakan ya. Trims

      • Oh Jadi, tiap pinjaman (klo mau Cicil pembayaran nya) semua kena 2% + 100rb itu ya mas?? Dan tiap Bulannya turun kan pinjaman kita. Sampe cicilan sy tsb Lunas? Yg krasida itu gmn ya mas?! (Nanti klo mas Ada wkt aja deh jwb.nya) Makasih bnyk mas, penjelasan&jawabannya.

      • iya 2% itu tarif sewa modal per bulan/30hari untuj pinjaman diatas 20jt, dan berlaku dari total pinjaman, jadi kalau nyicil, untk yg selanjutnya tarif sewa modalnya 2% dari pinjaman baru, jadi lebih kecil jumlahnya dari yg lama.
        Untuk krasida, itu kyk ngangsur kredit motor, jadi angsuran tetap per bulan, jadi kalau misal pinjam 40jt selama 12 bulan, perbulannya sekitar 3,86 jt pak. Semoga membantu. :)

      • Bedanya di mana ya mas? Bukannya sama Saja, klo cicilan gtu, +2%+100rb and di bayar @bln. Krasida jg di bayar @bln. ?? :D

      • Oh Iya mas, Kalo mau gadai Mobil, tp Mobil yg mau sy gadaikan, itu belinya 2nd. Dan belum balik Nama. Kira2 dilihat tahunnya ga? & syarat nya apa sj mas. Makasih banyak ya.
        -ADE-

  54. Maaf mau tanya, kalo misalnya mau gadai barang elektronik tapi kelengkapannya, kaya kwitansi dll ga ada gimana ya? Soalnya waktu beli laptopnya diluar kota jadi semuanya ketinggalan

    • Bisa, dengan syarat dan ketentuan pegadaian, syarat menggadainya bawa barang dan kelengkapannya serta fotokopi ktp, trus nanti ditaksir oleh petugas pegadaian. Trims

  55. gan mau tanya,saya menggadaikan hand tracktor sktr 3 bln yang lalu,rencananya mau saya ambil,tpi ktp saya habis masa aktifnya,apakah bisa ambil brg bila ktp udah mati?tlg jwbnya sya tunggu.trims

    • Untuk bpkb, syaratnya untuk pengusaha UMKM, jadi kendaraan umur 5thn terakhir untuk motor dan 10-15thn trakhir untuk mobil, usaha telah berjalan 1 tahun terakhir dan terus bertumbuh. :)

  56. klu gdai lptop harganya 5jta ,,bsa di kasi pinyjm brapa ya ? lptopnya bru 3minggu beli… persaratnnya apa az? prosesnya brapa lma?

    • Untuk laptop, kira2 bisa pinjam sekitar 50% dari harga second nya. Syaratnya itu bawa laptop dan kelengkapannya yg meliputi dus, tas, kuitansi, kartu garansi dan charger, serta membawa fotokopi indentitas diri.trims

  57. selamat malam, mau nanya pak saya mau gadai bpkb motor tu prsyaratanya apa ja, trz q ambil motor kAN atas nama sdr q tu bisa apa g ya

    • Untuk kredit bpkb, syarat utamanya harus memiliki usaha minimal 1 thn berjalan dan berkembang dan tujuan kreditnya untk mengembangkan usaha. Selain itu tidak bisa. Trims

  58. mau tny nih gan, syarat jadi peserta lelang nya gmn?
    apa jika membeli emas yg dilelang selisihnya jauh lebih murah dibanding harga di toko emas?

    • tidak ada syrt khusus untk mengikuti lelang di pegadaian, cukup ditanya saja ke petugas kapan lelang dan barang apa saja yg akan dilelang. Untuk harga, harga limit lelang itu berdasarkan harga emas sekarang mas, kemungkinannya bisa lebih murah drpd beli di toko emas. Trims

  59. mas, kalo misal mau nebus barang(perhiasan), tp d angsur bisa ?, trs selama proses mengangsur itu nnti barangnya ditahan ato boleh dibwa pulang ?,,

  60. pak,kalo mau gadai kamera digital bisa gak?masih baru,
    semua kelengkapanya masih ada,kaya kwitansi sma kartu garansinya..??

  61. kalau saya gadai emas sebeat 5 gr dan pinjam 2.000.000 dengan jangka waktu 2 bulan, apa saya harus menabung sampai batas akhir atau misalkan saya punya uang 200ribu bisa disetor, ada rejeki lagi bisa dicicil yang penting sampai batas akhir pembayaran lunas?

  62. Apa kabar mas Budi … Mudah2an baik2 aja ya.. Amiin…
    Mas, Tanya lagi nih, hehe… Saya mau gadai Mobil…
    1. Syarat nya apa aja? Mobil saya th 2000
    2. Yg diserahkan BPKB nya kan? Proses brp lama biasanya ?
    3. Trus klo pajak mobil nya mati itu gimana?
    4. Dan saya belum balik Nama tuh mas (beli 2nd soalnya :D ) bermasalah ga ya???
    Udah deh itu aja, kebanyakan Tanya nanti mas Budi ngambek deh hihihi… Makasih banyak ya mas.

    • Gadai mobil itu harus sama mobilnya mbak. Syaratnya pajaknya harus hidup, bpkb, stnk, dan kendaraannya disimpan di pegadaian. Kalau hanya ingin gadai bpkbnya saja, itu harus punya usaha mbak. Sekian dan trimss

  63. bray, mau gade laptop, tapi nota ama tasnya ga ada, tinggal laptop sama charger…. bisa gag yaa??? terus KTP saya denpasar saya di BWI tapi saya klahiran BWI bisa gag? *wew*

  64. pak,numpAng tanya kalo gadai bpkb tp bukan atas nama saya dan dibelinya di luar provinsi gimana pak,dan juga ktp pemiliknya gak ada bisa gak

  65. Mas mau tanya,motor saya honda kirana tahun 2003.kira2 bisa gak utk pinjaman dana 2jt?saya butuh uang segitu.dan syaratnya apa saja.trimakasih.

  66. saya buka usaha dagang sembako dirumah, tp saya butuh tambahan modal, saya mau gadaikan 2 bpkb mtor saya plat B tp saya tgl di cilacap, motorna thn 2004 pjk mati 6 bln, kira kira bisa gk klw digadain di cilacap. Mksh

  67. mas…saya mau tanya
    saya mau gadai laptop tapi gak ada kwitansinya..yang ada cm laptop sama chargernya saja,.kira2 bisa gak ya

  68. Maaf mau tanya kalau mau menggadaikan laptop gimana caranya,maklum masih pelajar jadi belum seberapa faham ..
    Tapi aq beli laptop nya d samarinda jadi soal kwitansi dan kartu garansi ada di samarinda?
    Terus gimana? Aq butuh soalnya buat bayar skolah
    Kalau uda punya uang ditebus bisa kah?
    Dan 1 lagi aq blm punya KTP cuman kartu pelajar.. Makasih

  69. mas mau tanya saya mau gadai Handycam harga barunya 2,5 juta, semuanya masih lengkap tapi kwitansi pembelianya udah kebuang…. apa masih bisa di gadaikan mas…

  70. mas saya mau nanya klo mengadaikan emas di pengadaian t kan cara bayar nya gimana? bayar perbulan atau langsung bayar semua pada tgl jatuh tempo? trims

  71. Mau tanya, kalau udh lewat masa jatuh tempo nya dan pada hari di lelang itu saya perpanjang atau saya tebus masih bs kah? Saya kelupaan kl udh jatuh tempo, dikirim via surat ga ya kl gt?

    • Untuk pinjaman dg agunan bpkb itu hanya untuk keperluan menambah modal usaha. Jadi nanti disurvey usahanya dan kendaraannya, baru bs tau brapa maksimal pinjamnya.trims

  72. permisi mas…
    kalau saya mau gade Bpkb motor bisa apa tidak yah…
    sama emang motornya harus di taro di tempat penggadaian..
    misalnya saya minjam 3 juta dalam waktu 10 bulan bunganya brp yah….

    • Gadai bpkb bisa pak rizal, syaratnya bapak harus sudah mempunyai usaha yg telah berdiri minimal 1 tahun. Untuk jamgka waktu, minimal 12 bulan dengan bunga 1% per bulan. Trims

      • mf pak,mw nax
        persyaratan yg lainx u/ gadai motor seperti ktp,kk,ket blm nikah,izin usaha,bpkb,stnk,pajak,sdh slsai smua.
        skrg smntara sewa rmh pak,gmn dgn PBBx pak,
        Mgkn cmn bs stor rek listrik sj,gmn pak ya,bs tdk?trmksh

      • dicoba dulu saja pak, bisa dimintakan fotokopi pbb nya kepada yg punya rumah, trus setelah lengkap bisa diajukan ke pegadaian. Pegadaian itu utamanya melihat usahanya n kendaraannya pak.semoga kreditnya cair.trims

  73. Mas mau tanya kalo saya pinjam uang 5-6 jt tapi pakai camera slr yang baru dipakai 1 bulan seharga 8 juta bisa tidak ?

      • slmt mlm pak,
        mw nax lg ni pak,
        Sy pux berkas,sdh msuk dr tgl 22/7 kmrn,trus 2hr ssudh berkas msuk,sdh ada tim yg turun survei usaha,
        Tp mslhx,sampai tgl 1/8 ini blm ada kbr pak dr pegadaian,
        sy sdh lm nunggu jg,cmn tdk ada kbr kepastian,jd atau tdk,hrp infox,trims

      • Silahkan langsung ditanyakan di pegadaian tempat memasukkan berkasnya, biasanya 3 hari setelah survei, apabila semua telah memenuhi syarat,kredit sudah cair.trims dan semoga membantu

      • Malam pak,
        Mau tanya kl sy gadai 3 cincin emas, bs tdk ya sblm jth tempo sy tebus 1 cincin saja, dan kira2 berapa dana yg bs sy dpt kan dr ke3 cincin tsb (2cincin emas kuning 75% dgn berat 1,9 dan 2,9gr dan 1 cincin emas putih 75% dgn berat 1,9gr), trmksh sblmnya

      • Bisa digadai sekitar 1,3 – 1,55 jt nanti dilihat dl barangnya oleh petugas pegadaiannya, jika nanti ingin ditebus salah satunya bisa, untuk jumlah penebusannya silahkan langsung saja ditelepon pihak pegadaian tempat gadainya. Semoga membantu. :)

      • malen pak,saya mau nanya.. saya berniat menggadaikan surat tanah d kampung,apakah perlu di survei?dan surat atas nama kakek saya?apa syarat2nya ya?

    • Bungany 1,15% per 15 hari, jangka waktu 4 bulan bisa dicicil atau bisa dibayar langsung. Syaratnya kuitansi,kartu garansi,unit laptop,charger,dus, serta kelengkapan pendukung lainnya. Trims

      • ♏ǻǻþ˚◦° pak..saya sudah ke pegadaian terdekat buat tanya2 tp malah saya di hadang sm satpam nya di depan pintu,saya kurang puas.. Gini pak..saya mau gadai kan laptop merk toshiba,saya sudah nemu kuitansi nya,syarat lengkap,dulu beli th 2010 hrg ny 5800000,saya butuh uang nya 3 jt / 4 jt,kira2 bs dpt pinjaman segitu gk pak? Terus kn bunga ny 1,25 % /15hr itu brp [y̅α̲̅] pak? Mksh

      • Untuk laptop, hanya bisa menerima yg pembeliannya maksimal 1 tahun sebelumnya bu ajeng. Untuk jumlah pinjaman, maksimal 50% dari harga second nya. Bunganya itu kalau pinjam 1 jt, 11.500 per 15 hari.trims

  74. ♏ǻǻþ˚◦°..saya mau tanya.. Saya mau gadai kan laptop,saya mau pnjm 3 jt / 4 jt,kira2 bunga nya berapa? Tp kuitansi nya hilang,bisa gk? N cara pembayaran pelunasan di pegadaian itu bagaimana [y̅α̲̅]? Terima kasih

  75. mas mau tanya kalau mau nggadaikan notbook azus x101 ch saya belinya Rp 2.350.000 bisa digadaikan berapa ya ????

  76. mas budi saya mau gadai tablet speedup s5 surat2 lengkap smua, bs gk?
    klw bs sekiranya dpt brapa y mas? seandai’a bs dan barang tsb tdk ditebus apakah orng dr pegadaian akan dtng ke rmh?

    terimakasih..maaf kalo byk nanya hehe…

    • Maaf tapi Kalau menurut saya tidak bisa. Tablet yg bisa diterima hanya samsung n apple. Seandainya bisa dan tak tertebus, nanti barang akan dilelang. Hasil penjualan lelang apabila ada kelebihan, akan dikembalikan ke nasabah, begitupun sebaliknya.terima kasih

  77. saya mau gadai dell tp kok kata petugas pegadaiannya mereka tidak menerima merek dell lg ya, knp ya? saya beli tahun 2011

    • Mungkin itu karena tahun pembelian sudah diatas satu tahun. Selebihny Itu mungkin karena Kebijakan kantor cabang tempat ibu gadai. Sudah coba ke kantor cabang lain bu?

  78. maaf ni pak, mau nanya, istri sayakan menggadaikan kalung emasnya dengan pinjaman 1 Jt lebih… nah disaat dia mau nebus emasnya belum ada uangnya, setelah dia ingin memperpanjang gadaiannya malah disampaikan dr karyawannya untuk membayar 300rb bila melanjutkan gadaiannya, nah sementara uangnya tdk mencukupi untuk membayar sampai 300rb… dia hanya mampu membayar administaris 10rb dan bunga/sewa dlm tiap bulannya… apakah benar begitu aturannya bila memperpanjang harus bayar 300rb lebih untuk memperpanjang… kan menyelesaikan masalah tanpa masalah…

    • 300 ribu lebih itu mungkin sama cicilannya pak. Sedangkan kalau memperpanjang pinjaman itu hanya bayar sewa modal dan administrasi, misal pinjaman 1 jt, biaya perpanjangnya 100rb. Coba istri bapak datang lagi ke pegadaian bilang mau perpanjang tapi tidak usah nyicil dulu. Sekian dan semoga membantu.

      • Mas Budy maaf ikut comment yah. Kaya nya udah ga bisa mas, Cuma bayar bunga/adm itu… HARUS pake cicilan jg. Maaafff lg nih, temen Aku sampe (sedikit) ribut lah sm petugas pegadaian (setempat)… Karna selama temenku ngutang di pegadaian selalu bisa byr bunga/adm/sewa tempat lah. Tp udh 2x ini, MAAF lg yah!!! Pegadaian ko jd berubah gini yah??? Yg tadinya nolong, Malah (maaf) kita2 jd kecekek hehe *maaf ya mas. Temenku yg tadinya ga punya duit, + ga Mau hilang barangnya, bayar biaya sewa/adm tsb, Malah jd ngutang ke t4 lain. Hanya krn buat bayar si pegadaian ini. (Untuk si cicilan)

        Kejadian ini pun Kena di saya mas… Inget kan, mas pernah ksh tau saya, misal hutang saya 30jt, cicil + byr sewa t4 sekian lah… Ok saya Mau cicil 2jt+bunga dll 500=2.500.000, ehhh Malah di Tolak. Ga boleh cicil 2jt… Ikut in harga Emas, bla bla… Yg Ada sy ngibrit cr kekurangan, 10jt an sy byr wkt itu. Nah, kejadian ke 2, sy Mau byr sewa + bunga dll gtu lah, tanpa cicilan. Malah si petugas marah2??? Waduhhh nih pegadaian ko yg td nya kita tertolong, Malah kita yg ditolong dgn maksud BAYAR jg, Malah spt Mau nyolong ajah ??!!! Hehe… Gimana nih? Utang Aku + temen di t4 lain, ga kebayar2, krn harus mikirin si pegadaian??? Katanya, byr sewa/Tempat/adm aja bisaaaa??? Tp manaaa??? *haddeuuhhh….

      • Waduh, kok sampe ribut sih mbak, oke yg berlalu sudah terjadi, kedepannya mudah2an jadi lebih baik. Hehehe
        Jadi gini mbak, karena harga emas dunia lagi turun, jadinya berimbas ke taksiran gadai pegadaian mbak, karna taksiran pegadaian turun, maka nasabah juga diminta mencicil pinjaman. Sebenarnya nyicil pinjaman itu ngurangi pokok pinjaman mbak, jadi pinjaman mbak berkurang, trus bunga kedepannya juga lebih kecil, lama2 kalau dicicil2 terus kan jadi lunas itu pinjamannya. Hehehe
        Jadi sekarang, memang selalu disarankan kepada nasabah kalau mau di perpanjang pinjamannya, disertakan dengan cicilan. Nah kalaupun belum bisa nyicil sebesar yg ditentukan, bisa kok nyicil semampunya dulu mbak. Tentunya dengan berdiskusi dulu dengan petugas pegadaian ditempat mbak gadai dulu. Begitu kira2 mbak. Kalau kemarin disuruh nyicil wajib sebesar yg ditentukan, itu memang prosedurnya mbak. Kalo sekarang, seperti yg aq kasitau diatas. Trims dan semoga membantu untuk kedepannya

  79. Hihihii.. Iya sih mas. Hutang berkurang di pegadaian. “Ringan deh otak” ^,^ !! Tp Malah punya hutang di t4 lain wkwkwk….. Pikir aku kan, perpanjang dlu Gitu mas, kan kita2 cr Dana lagi buat bayar sewa + cicilan +++ si pegadaian?!?!!! Ehh tekor jg akhirnya @.@
    Bagus nya sih, iya hutang + bunga jd berkurang. Makasiiiihh ilmu2nya and jawaban2 nya yah. Lain wkt klo sy keder, Tanya lg ya hehehe… Good luck mas Budy :)

  80. sy kecewa skli dgn pegadaian pak di daerah SOXXXX,setidakx klo berkas di tolak,harus ada kbr lah,,sy sdh tunggu 10hr kerja stlh survei tp tdk ada kbr,abis yg dr kantor blg mw ksh kbr,mslhx kami btuh modal,tp ternyata instansi lain mulai bsok 3/8 sdh tutup smpai hbs lebaran,s kcwax krn ktx mw ngasih kbr,tp txta jdx bgni,stdkx s bs ajukn di tmpat lain,klo mmg di tolak,

  81. sy kecewa skli dgn pegadaian pak,setidakx klo berkas di tolak,harus ada kbr lah,,sy sdh tunggu 10hr kerja stlh survei tp tdk ada kbr,abis yg dr kantor blg mw ksh kbr,mslhx kami btuh modal,tp ternyata instansi lain mulai bsok 3/8 sdh tutup smpai hbs lebaran,s kcwax krn ktx mw ngasih kbr,tp txta jdx bgni,stdkx s bs ajukn di tmpat lain,

  82. sy kecewa skli dgn pegadaian pak,setidakx klo berkas di tolak,harus ada kbr lah,,sy sdh tunggu 10hr kerja stlh survei tp tdk ada kbr,abis yg dr kantor blg mw ksh kbr,mslhx kami btuh modal,tp ternyata instansi lain mulai bsok 3/8 sdh tutup smpai hbs lebaran,s kcwax krn ktx mw ngasih kbr,tp txta jdx bgni,stdkx s bs ajukn di tmpat lain,

  83. s kecewa pak dgn pegadaian di daerah sy SXXXXX.
    Sy pux berkas sdh di pegadaian,tp stlh survei,ktx nnti mw ngasih kbr,tp stlh 10hr krja,txta blm ada kbr,
    jd mkx s sms sj ksna,txta berkas di tolak pdhl sy tunggu berita trus ni,
    Mslhx mulai 3/8 smpai hbs lebaran.smua instansi sdh tutup.
    Stdkx klo ada kbr sblmx,s bs ajukn di instansi lain,mf pak s kcwa skli,
    Pdhl mw btuh tmbh modal jualan,

    • Iya memang salah oknum pegawainya kalau sudah menjanjikan akan memberi kabar tapi tidak diberi kabar. Untuk lain kali, apabila mengajukan pinjaman ke perbankan atau pegadaian untuk usaha, selalu mintakan no.hp analis kreditnya, dan selalu ditanya bagaimana hasilnya bu. Apabila sudah lama tidak memberi kabar, anggap saja pengajuan ditolak dan langsung saja mengajukan lagi di tempat lain bu. Trims dan mohon maaf sebelumnya

    • Bunga pinjaman gadai emas itu sudah fix pak, jadi mengikuti nilai pinjaman nasabah, bukan mengikuti harga emas. Kisaran bunganya 0,75 – 1,15% per 15 hari tergantung pinjaman. Trims dan semoga membantu

  84. mau tanya ni pak, saya gadaikan emas di pegadaian dan jth tempo tgl 7-8-2013, bertepatan dngn cuti bersama iful fitri, pas saya dtng ke kantor pegadaian sdh libur sdngkn hr krj mulai tgl 12. msh bisa gak emas yg saya gadaikan itu saya tebus?
    note: tertulis akan dilakukan lelang tanggal 11-8-2013.
    thank’s

  85. Saya mau tanya, jumlah uang yang bisa kita ambil dari hasil barang yang kita gadai itu jumlahnya terserah permintaan kita ya sepanjang jumlahnya dibawah nilai taksir barang yang kita gadai? Misal, saya mau gadai perhiasan…nilai taksir perhiasan tersebut 3jt….saya sebagai penggadai barang boleh kan hanya mengambil 2jt (sehingga bunganya lebih kecil)?

  86. saya mau nanya pak barusan sy tadi pergi ke pegadaian, barang yang mau sy gadaikan adalah samsung galaxy tab 2 10 inchi. . dan semua persyaratan sudah sy bawa yaitu KTP, Kwitansi pembayaran dan barang. . yg sy herankan kenpa barang sy tidak bisa di gadai karna dgn alasan pegawaix, kl kwitasi pembelian sy kwitasi tulis sedangkan kwitansi yg berlaku di pegadaian itu kwitansi print. . sy tidak mengerti apa maksudx itu pak kwitansi tulis sama kwitansi print. . ? tolong di bantu pak. .

  87. permisi mau tanya, saya bru saja melunasi kredit emas antam 10gr di pegadaian, rencana akan sya gadaikan. kira2 sya dapat pinjaman kisaran berapa ya? terima kasih.

  88. malam pak, mau tanya. saya mau gadai laptop keluaran sekitar tahun 2006an bisa tidak? soalnya, kemrin saya ke pegadaian, petugasnya bilang klo laptopnya terlalu tua. Saya hanya mau pinjam sebesar 200.000-250.000 saja

  89. Maaf gan mau tanya saya indra di bandung,kalo saya mau pinjam uang 8jta,jaminannya bpkb motor absolute revo 2009 ahir,trus kalo misalnya tidak bisa 8jta keterimanya brpa???n bunganya berapa? Kalo misalnya 5jta gug keterima 8jta,selama brpa thun?motor saya masih bagus dan semuanya ory,,makasih

  90. Malam pak,
    Mau tanya kl gadaikan motor+bpkb+stnk dan surat2 lain lengkap tapi blm bayar pajak bisa ga ya?pinjamnya cuma 1 bln….trims

    • Kalau untuk gadai, tidak mesti ada surat tokonya. Sedangkan untuk pinjamannya, nanti anting mbak ruth ditaksir dulu oleh petugas pegadaian, trus baru ketauan berapa maksimal bisa minjemnya. Trims

  91. malam pak budi, sy gadaikan emas tgl 26 septmber, nilai yg cair lalu 2,9jt, tanggal 26 bulan oktober ini sy mau tebus, hitungannya dah sebulan, kira2 sy bayar semua dgn bunga dll, totalnya boleh brp ya. thank b4

    • 1 bulan di pegadaian itu ada 30 hari pak dihitung dari tanggal kredit, jadi kalau tanggal kreditnya tgl 26 september, maka 30 harinya itu tanggal 25 oktober. Jumlah penebusannya kalau ditebus tgl 25 oktober adalah 2,9jt+66.700= 2.966.700. Sedangkan apabila bapak memang ingin membayar tanggal 26 oktober, kena sewa modal 1,5 bulan, jadi jumlah bayarnya 2,9 jt + 100.100 = 3.000.100. Begitulah kira2. Trims

  92. Maaf mass saya mau tnya. kalo semisal saya mau gadai laptop, tapi adanya cuman tas sm chargernya gmn ? soalnya surat” nya kyk kwintasi sm garansi nya udh hlang. Gmn mz ? :(
    kira” bisaa gk yaa ?

  93. mas saya mau tnya saya kmren tgl 9 oktober baru gadein cincin 10 gr kena 2.650 jt, nanti sya mau byar lagi nya kapan ya dan brapa yg hrs saya bayar, tolong rincianya mas

  94. mas saya mau menggadaikan mobil toyota rush tahun 2009 tapi bukan atas nama saya karena belinya sekend tapi surat jual belinya dari mobil 88 ada semua kalau ktp atas nama ngak ada bisa ngak

  95. pak saya mau gadai hp blackberry apollo saya..tetapi kwintasinya hilang dan sudah tidak ada garansinya lg… kira2 bisa ga pak digadai dan berapa jumlah uang yg bisa saya pinjam? trims

  96. Mas, saya sudah baca postingan sebelumnya.
    Beneran tuh Mas, tidak bisa gadai laptop kalau tak ada kwitansi ? Laptop saya sudah 3 tahun lalu saya beli, tahun 2010. Ada saran lain, Mas ??
    Kalau anting bagaimana mas ?
    tapi cuma sebelah, yang sebelah lagi hilang. Anting emas muda 1gr, suratnya masih ada. Kira2 digadai dapatnya berapa ya Mas ?

    • Kalau komputer, sepertinya tidak semua cabang menerima lagi, dikarenakan terbatasnya ruangan, tetapi jika bisa, bisa digadai berkisar 50% dari harga second komputer tsb. Trims

    • Jika jatuh tempo dan akan dilelang, biasanya pegadaian akan memberitahu nasabah yang barangnya sudah jatuh tempo untk memproses barangnya dengan cara di sms/tlpn/surat, biasanya diberitahu setelah barang tsb jatuh tempo. Trims

  97. mas mau nanya nih..disana udah ada g’ sistem onlinenya ?trus pegadaiaan yang blum ada sisstem onlinenya itu penyebabnya apa yah ?padahal itu sangat membantu untuk para cstomer yang sering keluar daerah…maaf yah mas melenceng dikit ^_^ hanya ingin sekedar lbih tau tentang pegadaian …trims

  98. mas, kalo misal punya usaha di tempat A, namun kendaraan plat daerah luar, dan atas nama orang lain lengkap, bukan second. gmna tuh?
    trmksh

  99. kalau mau gadai netbook dell kira2 skrg dapat kisaran berapa yah?apa bener klo laptop hrs yg diatas core i3 gt yah? mohon bantuannya.. thx

  100. mau tnya, sy punya gadai emas jtuh tempo tgl 15 feb, seb pgn dilunasi tp berhub dluar kota bgmn, apakah pelunasan online bisa di pegadaian mana saja (pusat, krn sy domisili tgl dekat di kramat raya, sed gadai dulu di daerah), kmdian surat tsb ktgln d daerah n blm ketemu, bgmn cr melunasi n mengambil brg tersebut seb jatuh tempo? mksh

  101. Misi mas saya mau nanya … untuk gadai kamera DLSR canon terbaru tahun 2012 dengan kelengkapan lengkap plus kwitansi pembelian bisa ga mas gadai di penggadaian? soalnya saya baru pertama kali ingin gadai karena kebutuhan mendesak..saya sempat searching katanya penggadaian ga bisa gadai kamera apa itu benar ?

    • Ada yg bisa ada yg enggak, tapi coba saja ditanya di pegadaian cabang yang ada tempat penyimpanan kamera nya. Untk nilai gadai nya sendiri sekitar 50% dari harga seken tergantung kondisi barang. Terima kasih

  102. Mau tanya, kalau gadai handycam (JVC) bisa ga ya? tapi sudah tidak ada kardus dan kwitansinya. kira-kira ditaksir berapa ya?thanx

  103. Selamat pagi saya mau bertanya saya mau pinjam uang dengan menggadaikan srt rumah tp nama sertifikat rmh bln balik nama bisa gmn caranya. Terima kasih banyak

  104. Maaf mas mau nanya nih….
    Saudara saya bth modal usaha, lalu dia pnjm perhiasan emas saya untuk di gadai sktar bln oktober 2013,ktnya dia terima 8jt
    skrng sudah jatuh tempo ,blm di tebus jg malah dia menghilang enth kmna,surat gadai sama pemberitahuan jatuh temponya jg ktnya hilang….gmna ya caranya kalau saya yang mau menebus sendiri barangnya bisa ga,apa aj syartnya?mksh

    • Untk penebusan, jika diwakilkan, bisa, asalkan ada surat gadai dan nasabah sudah mengisi form pengalihan hak di belakang surat nya. Tapi ini karna suratnya hilang, maka harus dibuat surat keterangan hilang dari polsek terdekat, lalu pegawai pegadaian akan membuat surat gadai yg baru. Selain dengan cara diatas, maka barang tidak dapat ditebus. Trims dan semoga membantu

  105. mas. numpang tanya.
    klo misalkan KTPnya beda maksudnya kita berada di kalimantan terus ktp kita palembang bsa ga mas? mohon petunjuknya
    trims

  106. Assalamualaikum, Pak saya mau tanya, saya gadai emas jatuh tempo hari minggu dan pegadaian tutup, saya mau perpanjangnya hari senin bisa tidak pak? mohon di balas,Wasalam

  107. Mas kalo mau gadai bb gemini dengan harga beli 1.3 , itu bisa digadaikan gak ? Dengan harga berapa ? Kwitansi sama kardusnya masiih lengkap

  108. pak, mau tanya, kalau gadai kalung emas, tpi trus gk di ambil kembali bisa gk ya ? soalnya gk ada sertifikatnya. makasih

  109. mas mau nanya, rencananya saya mau gadai hp iphone.. saya beli 4,7 jt tapi kwitansi pembeliannya ilang, kalo kayak gitu masih bisa digadai ga ya?

  110. siang pak budi sy mau tanya kalo sy mau gadai netbook axioo tapi masih kredit kira-kira bisa atau tidak ya pak semua kelengkapannya sih komplit pak… mohon bantuannya trims pak _

  111. kalau di gadai elektronik bisa tidak ya ? apakah harus ada surat pembelian, bagaimana kalau tidak ada…apakah bisa…

  112. Pak, apakah bisa memperpanjang barang yang digadaikan tanpa mebawa kertas bukti barang yng digadaikan, karean punya saya hilang

    • Ada baiknya kalo surat hilang, segera melapor ke pegadaian tempat gadai, agar dibuatkab surat gadai yg baru. Sementara untuk perpanjang, apabila pegadaian tempat bu nina gadai tsb sudah online, bisa diperpanjang tanpa membawa surat gadai. Trims

  113. Mas,mo tanya ..klo pas hbis jtuh tmpo sya byar bunga na trus kn di ksh prpnjgan wktu lg 4bln..nah klo pas 4bln brikut na bsa diprpnjang lg taw ga klo blom bsa byar?? Yg hrus sya byarkn brp pas jtuh tmpo??Msalkn pnjem 1,5 juta

  114. Saya mau gadai samsung galaxy tab 3 yg 7″,tapi sudah tidak da surat garansi ataupun kuitansi’y,kira kira bisa kah?

    • Maaf ijazah tidak bisa digadai di pegadaian, syarat utama gadai adalah orang yang gadai harus sudah punya KTP, jadi jika anak SMA tsb sudah punya KTP, maka bisa.trims

  115. selamat sore mas budiyandnya
    saya ingin bertanya saya mempunyai Home Theater dan pureit hadiah dari kantor senialai 6juta rupiah , yang saya ingin tanyakan apakah bisa di gadaikan ? karena hadiah ini tidak ada kwitansi ( bon pembelian ) dan garnsi toko mana pun karena barangnya pun barang bild–up ( tidak ada garansi rersmi ) itu gimana ya mas ? semua barang belum pernah dipakai dan masih lengkap terbungkus oleh plastik dan kardusnya mas . mohon pecerahanya mas
    terimakasih sebelumnya

  116. Mas mau tanya mau gadai laptop merk acer tapi ϑΐ kuitansi msh kredit, tapi kotak dan kartu garansinya ada. Kira2 bisa gk ea cz ℓa̐ªgĩ butuh dana banget nih.?

  117. numpang tanya mas, ktp saya jakarta. tapi saya kuliah dan kos di semarang dan ingin menggadaikan di cabang semarang apakah bisa? / selain ktp apakah bisa pakai ktm? makasih

  118. af mau nanya sy tuch dah gadaian laptop trs d srtnya ada tlsn hrs d cicil.trs sy g nyicil gmn pakah bunganya kan bertambah tw g.

    • Untuk gadai laptop memang harus di cicil mbak yulia, untk jumlah minimal cicilan tergantung mbak bisa cicilnya berapa. Untk bunga, setelah melakukan cicilan, bunga tidak bertambah, tetap 1.2% per 15 hari dari pinjaman baru setelah cicilan. Trims

  119. mau tanya mas, saya kan gadaikan cincin saya. nah saya mau nyicil dlu , tapi jatuh temponya sisa sebulan lagi. apa kalau dibayar akan ada penambahan waktu pembayaran ? atau tetap pada tanggal jatuh temponya ? thanks

    • Kalau dicicil, pinjaman setelah cicilan masa waktunya diperpanjang lagi, menjadi 4 bulan sejak tgl cicilan terakhir, info lbh lanjut bisa ditanyakan ke petugas langsung biar lebih jelas.trims

  120. Mas, saya mau nanya.
    Saya mau gadai leptop toshiba I core 3, tas leptop, charger battrey dan kwitansi pembelian masih ada. Tapi buku garansinya sudh tidak ada. Gimana ya mas bisa di gadai nggak ya …. thank’s

    • Kalau untk gadai motor, tdk bs hanya bpkbnya, harus beserta stnk dan motornya, dan yang bisa gadai adalah si pemilik kendaraan. Untk jumlah pinjaman, nanti bisa diketahui setelah petugas mengecek kondisi motornya.trims

  121. mas saya mau tanya, saya beli emas 50 gr secara kredit di pegadaian slama 3 bln, dan dibulan terakhir pelunasan bisa langsng sya gadaikan tidak setelah emas lunas. lalu kira2 brpa persen bunganya dan mndpt pinjaman brpa ya. kalau bunganya besar apa sebaiknya sya jual di pegadaian sja emasnya. trimksih

    • Selamat siang waktu setempat ibu nana, jika ibu perlu dana cepat, setelah pelunasan kredit emas batangan mulia, emas tsb ibu gadaikan dengan sistem KCA atau dengan sistem KRASIDA, beda kedua sistem gadai tersebut, jika sistem KCA, jangka waktu pinjamannya maksimal 4 bulan, bisa diperpanjan, tanpa harus membayar angsuran bulanan, bisa jg ditebus sewaktu2 selama 4 bln tersebut. Untk sistem KRASIDA, jangka waktu pinjaman gadainya dari 6 -36 bulan dengan sistem angsuran tetap setiap bulannya. Jadi sesuaikan kebutuhan ibu dalam menggunakan kredit gadainya, kalau mau ditebus cepat, gunakan KCA, kalau ingin sistem angsuran bulanan, gunakan KRASIDA. Untk pinjaman gadai dengan emas batangan 50 gram, bisa memperoleh pinjaman 21.400.000 untk KCA dan 21.700.000 untuk KRASIDA. saya tidak menyarankan emas ibu untuk dijual jika masih sayang. Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanya lagi ibu.trims

  122. Maaf mau tanya. Sodara sy mw gadaikan rumah atas nama saya,
    jaminan sertifikat rumah. Luas total 166m2 lokasi di kp. Rambutan,jakarta timur. Harga di NJOP adl 3,8jt permtr persegi. Mw mengajukan pinjaman 400jt bisa tidak? Dan syaratnya apa aja? Terima kasih

  123. Maaf pak mau tanya, kalau seandainya ada orang ga bisa nebus barang gadaiannya, pada waktu jatuh tempo apakah orang tersebut mendapatkan surat pemberitahuan atau tidak ya? Terimakasih

    • Untk gadai laptop, kuitansi pembelian wajib disertakan, untk gadai bpkb, khusus untuk pengusaha ukm (usaha kecil menengah), mengajukan syarat2 pengajuan kredit dulu nanti disurvei usaha nya pak/bu. Sekian. Trims

  124. Mas mau tanya kalo sya mau cicil kredit emas di pegadaiaan ,,selama:masih kredit bisakah emas itu digadaikan di pegadaian

  125. Saya menggadai barang di daerah bandung, tapi untuk sementara saya mesti pulang ke kampung halaman saya di jogja, masa tempo tebus semakin dekat tp sy tdk mungkin bolak balik ke bandung, pertanyaanya apakah sy bisa menebus barang di pegadaian yg ada di jogja?

  126. Maaf masmsy liat diwebsite pegadaian. Surat berharag ato sertifikat tanah ato bangunan bisa digadaikan. Kok knpa kenyataannya tidak bisa ya?

  127. Maaf mas sy liat diwebsite pegadaian. Surat berharga ato sertifikat tanah ato bangunan bisa digadaikan. Kok knpa kenyataannya tidak bisa ya?

  128. kan kalau jaminannya bpkb motor cuma untuk ukm, klw saya baru mau niat mulai usaha tapi dana belum punya, itu bisa gak klw saya gadai bpkb motor saya

  129. Mas saya niat gadai kreasi. Jaminannya bpkb honda revo th.2013. Maksimalnya berapa yang sy dapat? Trus bpkb masih atas nama orang lain belum saya balik nama,tetapi kuitansi pembelian dari dealer ada apakah bisa buat jaminan? thanks

    • Jika di pegadaian di daerah saya, bpkb harus atas nama sendiri atau keluarga terdekat, coba pak adi tanyakan langsung ke pegadaian terdekat, jika ada surat atau kuitansi jual beli yg jelas, menurut saya bisa. Trims

  130. mas budi mau tny klo gadai kalung emas putih dan bandul’y krng lbh 2 gram tp tdk ada surat’y bsa ga ya? kira2 dpt brp? trims

  131. saya mau gadai mobil, tahun 2012, jenis mazda2, kondisi fisik bagus, (sy blm pernah gadai mobil sebelumnya selama ini hanya emas, kira-kira dapet berapa, dan syaratnya seperti kita gadai emas sajakan tanpa ijin usaha….trims

    • maaf kelamaan balesnya pak/bu, untuk gadai mobil, kurang lebih maksimal mendapatkan pinjamannya itu 60% dr harga second mobil tsb, syrtnya mobil, stnk, bpkb, dan cek fisik mobil. Jika mobil bukan an.sendiri, disertakan surat jual beli dr pemilik atau surat kuasa menggadaikan mobil. Trims

  132. saya mengontrak dan tinggal di bekasi, kemaren beli motor kredit tapi karena umur saya belum 21 tahun ke atas jadinya saya beli motor atas nama paman saya. tiap bulannya saya membayar kredit motor dan sekarang udah lunas dan lengkap dengan STNK dan BPKB. kemaren pas bayar kredit terakhir pelunasan motor nama yang di cantumkan di BPKB nama paman saya. nah, yang mau saya tanyakan bisa tidak saya menggadaikan motor saya tersebut tapi bukan atas nama saya?

    • untk di beberapa daerah tertentu, gadai kendaraan harus atas nama sendiri, coba mas aron tanya ke pegadaian terdekat, kalau menurut saya bisa, asalkan ada surat kuasa menggadaikan motor dari paman dan fotokopi ktp paman, tp kalau gk mau ribet, minta ditemenin paman saja gadainya, jadi gadai atas nama paman saja.trims

  133. Maaf pak saya mau gadaikan.motor tapi tanpa bpkb bisa gak ya…..soalnya bpkb belum kluar……tapi gadainya dalam 15hari sudah dilunasii….kira2 bisa gak?
    Terima kasih.

    • Ada 2 sistem gadai, ada yg gadai cepat ada yg angsuran. Yg gadai cepat tidak harus dicicil tp bisa ditebus sekaligus. Kalau yg metode angsuran, jangka waktu nya minimal 1 thn, sewa modal 1,25%. Jadi kalau 1 jt, 96 rb angsuran per bulan.trims

  134. mas mau tanya kalo mau gadaikan hp dulu belinya sekitar 1,8jt, bisa dapet pinjaman brapa ya? trs cicilan perbulan berapa ya? makasih

    • Kalau untk gadai hp ataupun barang elektronik, harus di cek dl kondisi barangnya, maksimal pinjamannya sekitar 50-60% dari harga second nya, jk waktu gadai nya 4 bulan, tidak mesti dicicil tiap bln selama 4 bln tsb.trims

    • Kredit jaminan bpkb pegadaian khusus untk usahawan kecil mikro, jadi kalo remaja tsb sudah punya ktp dan punya usaha seperti warung atau toko, bisa disalurkan kredit jaminan bpkb.trims

  135. Di daerah saya, mobil maksimal 15 thn terakhir, tp dicoba dl ditanya ke pegadaian setempat ditempat pak wawan, usaha game online n warnet bisa kok untk gadai bpkb (KREASI).trims

  136. mas sy mau tny gadai motor mio sy bs ga tanpa bpkb krn bpkb br sy anggunkan.sy butuh dana utktransport smp akhr bln mhn djwb y bs ga

  137. Mas, ane mo tanya. Apakah pembayaran jatuh tempo bisa dibayarkan di penggadaian lain, dan berapa lama barang yg sdah jatuh tempo untuk di lelang

  138. Sebaiknya setelah jatuh tempo, barang gadaian secepatnya dapat diperpanjang, pembayaran biaya perpanjangan kredit gadai bisa dilakukan di pegadaian seluruh indonesia.trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s